Encapsulation dan Contoh Program

Encapsulation adalah proses penyatuan variabel dan metode dalam satu “kapsul” class. Encapsulation sering juga dinyatakan sebagai penyembunyian informasi. Encapsulation memungkinkan seseorang untuk melakukan sesuatu tanpa perlu tahu secara mendetail tentang bagaimana sesuatu tersebut dilakukan.

Contohnya adalah penggunaan remote control TV. Jika Anda (client) ingin memindahkan saluran TV dari satu saluran ke saluran lain, Anda cukup menekan tombol saluran yang dikehendaki pada remote control Anda. Anda tidak perlu tahu secara mendetail implementasi dari serangkaian mekanisme elektronik yang kompleks yang terjadi di dalam remote control dan TV Anda. Anda cukup tahu bagaimana menekan tombol remote control saja. Contoh lain dalah penggunaan mesin ATM. Itulah encapsulation, menyembunyikan semua detail informasi dan mekanisme.

Encapsulation menghilangkan ketergantungan pada implementasi. Sehingga dimungkinkan untuk mengganti implementasi tanpa merubah pengetahuan client. Pada contoh diatas, implementasi dari mekanisme elektronik pemindahan saluran pada remote TV dapat saja diganti/diubah, tetapi bagi client tetap saja hanya cukup tahu bagaimana menekan tombol remote TV.

Encapsulation juga melindungi informasi internal dari suatu object. Client tidak dapat mengakses informasi internal tersebut. Client hanya dapat meminta suatu object untuk melakukan operasi yang merubah informasi internal tadi.

Ada 2 hal yang diperhatikan dalam encapsulation, yaitu : 
  • Menggabungkan variabel dan metode dalam satu entity (Class). 
  • Mengatur akses ke member (data/atribut) dari entity tersebut.
Contoh program dari Encapsulation :
Design program

Coding Program



Output


Sekian dari saya, Terima Kasih atas kunjungannya.



0 Response to "Encapsulation dan Contoh Program"

wdcfawqafwef