Perbedaan Intranet dengan Internet



Didunia yang modern ini, tentunya kita tidak asing dengan apa yang namanya internet. Namun, apakah anda tau apa itu Internet? dan apakah anda tahu bahwa ada kata Intranet? sebelumnya apakah kata Intranet dan Internet memiliki arti yang sama? apakah mereka memiliki perbedaan ?

Dari paragraph di atas tentu kita memiliki banyak pertanyaan yang sama, yaitu apa sih pengertian dan perbedaan dari keduanya ? nah berikut adalah ulasannya :

Pengertian Internet dan Intranet

Internet
Internet (Interconnection Networking) adalah suatu jaringan komputer yang saling terhubung antar komputer yang satu dengan komputer yang lainnya menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran. Sehingga saling dapat berinteraksi, berkomunikasi, dan saling bertukar informasi. 

Sejarah Internet
Internet pertama kali muncul pada tahun 1969 yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek ARPA atau disebut ARPANET (Advance Research Project Agency Network). Proyek ini awalnya dibangun untuk keperluan militer. Namun ternyata proyek ini menjadi berkembang pesat sehingga yang mulanya hanya 4 situs universitas kini banyak universitas dari berbagai negara ingin bergabung. Itulah sebabnya ARPANET dipecah menjadi 2, yakni 

  • MILNET untuk keperluan militer 
  • ARPANET untuk keperluan non-militer.
Intranet
Intranet adalah satu jaringan (Private Network = Jaringan Pribadi) yang menggunakan protokol internet TCP/IP untuk berbagi informasi penting dalam lingkup lokal. Misalnya digunakan pada perkantoran/perusahaan, sekolah, universitas, dll. Intranet juga merupakan suatu jaringan LAN (Local Area Network) yang hanya mencakup wilayah lokal/kecil. 

Perbedaan Internet dan Intranet
Internet
  1. Memiliki cakupan jaringan luas (Seluruh Dunia)
  2. Bisa digunakan oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja
  3. Perkembangan yang sangat pesat
Intranet
  1. Memiliki cakupan sempit (Hanya lokasi tertentu)
  2. Hanya bisa digunakan oleh orang-orang tertentu seperti (Perusahaan,Universitas,dll)
  3. Perkembangan yang lambat
Sekian dari saya, Terimakasih atas kunjungannya

0 Response to "Perbedaan Intranet dengan Internet"

wdcfawqafwef